cara memilih lemari pakaian

7 Cara Memilih Lemari Pakaian yang Cocok Buat Kamu

Dalam hal mencari cara memilih lemari pakaian tergolong susah-susah gampang, karena sebelum membeli lemari pakaian, penting bagi kamu untuk menemukan keseimbangan antara gaya dan fungsionalitas yang tepat pada lemari serta dan perabot kamar lainnya. Maka dari itu, memilih lemari baju bisa jadi hal yang membuat kamu pusing.

Nah, untuk membantu kamu dalam menentukan pilihan, artikel ini akan membahas seputar cara memilih lemari pakaian yang cocok buat kamar kamu. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

cara memilih lemari pakaian

Cara Memilih Lemari Pakaian yang Pas

1. Menentukan Fungsi dan Kebutuhan

Ada banyak model lemari pakaian yang dijual di pasaran, mulai dari lemari dua pintu, tiga pintu, geser, cermin, dan lain-lain. Masing-masing jenis lemari juga punya konfigurasi yang berbeda, seperti ruang gantung, laci, rak sepatu, dan sebagainya.

Jadi, sebelum membeli, ada baiknya kamu tentukan dahulu ruang penyimpanan seperti apa yang paling kamu butuhkan. Dengan menentukan fungsionalitas, kamu akan lebih mudah menemukan spesifikasi eksterior dan interior yang kamu perlukan.

2. Tentukan Tipe Lemari Sesuai Fungsinya

Setelah menentukan kebutuhan fungsionalitas lemari, mulailah untuk mempertimbangkan jenis lemari pakaiannya. Apakah kamu ingin membeli tipe lemari freestanding atau fitted design?

Tipe lemari freestanding merupakan lemari serbaguna yang harganya cukup terjangkau serta lebih mudah dipindahkan (jika diperlukan), contohnya lemari 2 pintu, 3 pintu, lemari geser, dan lain-lain.

Baca Juga:  Jasa Pembuatan Lemari Pakaian Terbaik dan Terpercaya

Sementara, tipe fitted design sangat bagus untuk ruangan yang langit-langitnya bersudut miring. Tipe ini biasanya dirancang secara khusus sehingga harganya jauh lebih mahal.

3. Mengukur Ruangan

Tips yang tak kalah penting adalah mengukur ruangan di mana lemari pakaian akan kamu tempatkan. Itu karena lemari merupakan salah satu jenis perabot besar yang sering kali sulit untuk dipindahkan. Maka dari itu, kamu perlu desain yang pas agar ruangan kamu tetap proporsional dan tidak terasa sesak.

Pastikan ukuran lantai ruangan dan ketinggian langit-langit sebelum kamu membeli lemari. Dalam mengukur ruangan, ada baiknya kamu menyisakan ruang gerak yang cukup sehingga akan memudahkan bila sewaktu-waktu perlu pemindahan.

Melakukan pengukuran ruangan sebelum membeli lemari juga menjadi langkah penting supaya ada cukup ruang kosong untuk membuka pintu lemari dengan mudah. Jika ukuran lemari dan ruangan tidak proporsional tentu membuat suasana ruangan menjadi tidak nyaman.

4. Tentukan Jenis Bahan

Cara memilih lemari pakaian selanjutnya yaitu tentukan jenis bahan, warna, dan finishing lemari, karena merupakan faktor yang berpengaruh besar pada gaya dan tingkat kepraktisan yang ditawarkan.

Ada banyak pilihan jenis lemari yang tersedia, misalnya dari kayu solid, kayu fabrikasi, plastik, besi, kaca, hingga kombinasi. Masing-masing jenis bahan lemari biasanya menentukan umur penggunaannya.

5. Pilih Lemari Pakaian yang Sesuai dengan Kapasitas Penyimpanan

Tips selanjutnya adalah tentukan kapasitas yang kamu butuhkan untuk menyimpan koleksi pakaian kamu. Misalkan koleksi baju kamu terdiri dari gaun dan pakaian formal, pastikan kamu memilih lemari berkapasitas ruang gantung yang cukup.

Sedangkan buat kamu pakaiannya didominasi oleh banyak aksesori, kamu sebaiknya pilih lemari yang punya banyak fitur laci.

Baca Juga:  5 Inspirasi Kasur Lipat Untuk Desain Apartemen Studio Mungil

6. Lakukan Pengecekan Secara Langsung

Sebagai furnitur berukuran besar dengan fitur bervariasi, penting juga bagi kamu untuk mengecek lemari secara langsung ke toko perabot tempat kamu membeli lemari. Dengan memeriksa secara langsung, kamu juga bisa tahu persisnya pengukuran dimensi serta fitur yang ada pada lemari.

Pastikan juga bagaimana metode pengiriman lemari menuju alamat kamu. Jangan sungkan untuk menanyakan kepada penjual apakah pengiriman sudah termasuk biaya ongkir dan upah mengangkut lemari ke dalam ruangan.

7. Sesuaikan dengan Anggaran

Untuk mendapatkan lemari baru, kamu tidak harus menghabiskan banyak uang. Ada berbagai pilihan tersedia di pasar yang bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan bujet kamu.

Jika kamu merasa minim dana, mengutamakan segi fungsionalitas daripada style dan gaya lemari adalah langkah tepat. Namun, jika kamu memiliki budget lebih, tidak ada salahnya memilih lemari yang unggul dalam hal fungsionalitas sekaligus bergaya.

Nah, itulah artikel tentang cara memilih lemari pakaian yang patut kamu pertimbangkan. Sebelum memutuskan untuk membeli, ingatlah faktor-faktor penting di atas sehingga kamu bisa mendapatkan lemari yang cocok.

Ingat! Memilih lemari secara cermat, memungkinkan ruanganmu jadi lebih proporsional dan terorganisir. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button