Menata Kitchen Set

4 Tips Menata Kitchen Set Yang Tepat Untuk Dapur Rumah

Pemilihan kitchen set yang baik tentu juga akan sia-sia juga kamu tidak melakukan menata secara maksimal. menata kitchen set yang tepat tidak cuma akan membuat ruangan menjadi lebih lega, namun pekerjaan juga akan lebih efisien. Hal ini tentu juga dapat membuat kamu yang memasak akan lebih aman dan nyaman.

Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan pada beberapa elemen kitchen set. Mulai dari area penyimpanan, area persiapan, hingga area memasak. Dengan melakukan prinsip menata yang tepat, kamu juga tidak akan menghabiskan banyak waktu saat menyiapkan hidangan karena mondar-mandir mencari atau menyiapkan suatu hal.

Secara lebih detail, menata pada area kitchen set juga sebaiknya tidak terlepas dari menata area. Untuk itu berikut ini beberapa tips menata kitchen set yang tepat untuk dapur rumah. diantaranya sebagai berikut:

menata kitchen set

Penyimpanan Peralatan dan Bahan Makanan

Area dapur tentu akan membutuhkan sebuah tempat khusus untuk menyimpan berbagai perlengkapan memasak dan bahan-bahan makanan untuk berbagai hidangan. Pada saat memilih sebuah kitchen set, kamu harus menyesuaikan kembali dengan kebutuhan dan peralatan yang akan digunakan.

Dalam sebuah kitchen set tentu tersedia sejumlah kabinet dan laci untuk menyimpan berbagai peralatan masak. Kamu perlu melakukan menata secara cermat untuk meletakkan berbagai peralatan tersebut.

Pilihlah kitchen set dengan lemari dan laci yang sesuai dengan peralatan yang kamu gunakan sehingga lebih efisien dan membantu aktivitas memasak secara lebih efektif.

Tidak hanya penyimpanan yang memadai, ukuran laci juga penting untuk dipahami supaya peralatan masak tersebut dapat diletakkan secara mudah dan tidak membuatmu merasa bingung.

Baca Juga:  10 Desain Kitchen Set Minimalis 2024 Untuk Dapur Kecil dan Mewah

Sebagai contoh jika kamu memiliki panci yang besar namun laci penyimpananmu tidak ada yang sesuai, tentu saja kamu harus menambah space lagi untuk meletakkan panci tersebut.

Ketersediaan Area Kerja

Dalam memilih sebuah kitchen set, area kerja juga merupakan hal penting yang harus ada. Tentunya dengan menata yang baik dari meja, kabinet, dan berbagai perlengkapan memasak akan membuat area menjadi lebih lapang dan kamu dapat bergerak dengan dinamis.

Sering kali orang hanya memperhatikan model kitchen set dan penyimpanan berbagai barang tersebut saja. Namun, jangan sampai kamu mengabaikan keberadaan area counter top sebagai tempat untuk kamu melakukan kegiatan memasak.

Jika hal ini tidak diperhatikan dengan baik, maka kamu akan kesulitan menjangkau peralatan atau area memasak dan pada akhirnya hasil masakan menjadi kurang maksimal atau kerja menjadi berantakan.

Buat kamu yang memiliki ruangan yang tidak terlalu luas, tentu kamu harus benar-benar mengakalinya dengan cerdik. Jangan sampai karena kurang penghitungan, maka area kerjamu menjadi sempit karena kabinet yang digunakan terlalu besar.

Pencahayaan yang Cukup

Jangan pula mengabaikan pencahayaan yang baik untuk area dapur. Tentunya, instalasi pencahayaan yang baik akan memaksimalkan kegiatanmu dalam memasak karena area kerja akan lebih terang dan nyaman saat digunakan memasak.

Tentunya kamu tidak boleh hanya mengandalkan penerangan dari ruangan lain. Akan lebih baik jika ada lampu khusus di area dapur supaya untuk membantu penerangan menjadi lebih baik. Pastikan penerangan ini tidak terhalang oleh bayangan lemari atau rak supaya dapat memaksimalkan pekerjaan.

Bila perlu, kamu juga dapat menambahkan pencahayaan di bagian bawah area kerja seperti lemari supaya pada saat mengambil peralatan juga dapat lebih mudah. Tentunya hal ini akan berdampak baik pada visual dan model dari kitchen set itu sendiri.

Baca Juga:  5 Tips dan Trik Menata Rak Buku Minimalis yang Estetik

Ventilasi yang Memadai

Kamu juga tidak boleh lupa untuk senantiasa memperhatikan ventilasi udara. Tujuannya tentu supaya ada sirkulasi atau penggantian udara secara baik. Kamu bisa menyediakan jendela yang cukup luas dan dapat dibuka supaya asap atau bau tidak terkurung dalam dapur.

Kamu juga bisa menggunakan alat bernama cooker hood. Alat ini digunakan untuk menyedot udara dapur yang kotor dan bau, serta panas yang terjadi karena banyaknya aktivitas di dapur. Dengan alat ini, kamu bisa memastikan udara di dapur menjadi lebih sehat dan pastinya aman untuk anggota keluarga.

Alat tersebut memang cukup mahal, namun jika digunakan maka akan lebih maksimal menyaring udara kotor sehingga menjadi lebih bersih. Kendati demikian, kamu juga masih bisa mengakali dengan penyediaan jendela atau ventilasi yang lebih terjangkau.

Itulah beberapa tips menata kitchen set yang tepat untuk dapur rumah, semoga tips ini dapat menginspirasi Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button